Selasa, 10 Maret 2015

kisi-kisi soal ujian sekolah pkn smp 2014-2015



                                                                                                                                                                     

INDIKATOR

6
1.        Dengan memperhatikan contoh norma, siswa mampu menentukannya  ke dalam salah satu norma yang  ada secara tepat.
2.        Dengan memperhatikan 3 pernyataan tentang HAM, siswa mampu menentukan upaya perlindungan HAM dengan benar.
3.        Dengan memperhatikan pernyataan tentang proklamasi, siswa mampu menentukan yang tidak termasuk maksud adanya kemerdekaan bagi suatu bangsa.
4.        Siswa mampu mengidentifikasi kegiatan kenegaraan yang diatur oleh Konstitusi yang tidak tertulis 

5.        Siswa mampu mengidentifikasi pengertian usaha pembelaan terhadap negara menurut UU nomor 3 tahun 2002.
6.        Dengan memperhatikan pernyataan pentingnya usaha pembelaan terhadap negara, siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang termasuk alasan pentingnya usaha pembelaan terhadap negara
7.        Siswa mampu mengidentifikasi fungsi negara dalam kaitannya dengan pembelaan negara
8.        Siswa mampu menentukan konsep pertahanan keamanan sishankamrata dengan benar.
9.        Siswa mampu menentukan kegiatan pramuka dan paskibra kedalam bentuk-bentuk upaya bela negara
10.     Siswa mampu mengidentifikasi kegiatan TNI terkait dengan bentuk-bentuk upaya bela negara yang dilakukan oleh TNI
11.     Siswa mampu menentukan istilah partisipasi warga bali sebagai upaya untuk menjaga dan melindungi keutuhan lingkungan dan keselamatan  warga masyarakat dari segala bentuk ancaman
12.     Siswa mampu menentukan masa berlakunya Konstitusi Republik Indonesia dengan benar
13.     Dengan memperhatikan tabel lembaga negara, siswa mampu menentukan secara tepat lembaga negara menurut UUD 1945 hasil amandemen.
14.     Dengan memperhatikan pernyataan tentang penyimpangan terhadap UUD 1945, siswa mampu menentukan penyimpangan UUD 1945 pada masa orde lama
15.     Siswa mampu menentukan salah satu dasar pemikiran yang melatarbelakangi dilakukannya perubahan UUD 1945
16.     Siswa mampu mengidentifikasi cara-cara mengemukakan pendapat .

17.     Siswa mampu menentukan pengertian ideologi dengan benar
18.     Dengan memperhatikan pernyataan  yang membedakan antara  ideologi liberalisme, sosialisme dan Pancasila. Siswa mampu menentukan ajaran ideologi Pancasila terkait hubungan   negara dan agama secara tepat.
19.     Dengan memperhatikan tabel tata urutan perundang-undangan, peserta didik mampu mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan menurut UU no. 12 tahun 2011
20.     Dengan memperhatikan pernyataan asas pembentukan perundangan, peserta didik mampu Mengidentifikasi pernyataan yang termasuk asas-asas dalam pembentukan peraturan perundang-undangan
21.     Siswa mampu menentukan syarat-syarat suatu negara dan pemerintahan yang demokratis di bawah rule of law
22.     Dengan memperhatikan pernyataan tentang nilai-nilai demokratis, siswa mampu mengidentifikasi yang termasuk nilai-nilai masyarakat yang demokratis.
23.     Setelah membaca kalimat tentang kedaulatan rakyat, Peserta didik mampu menentukan  pasal tersebut yang tercantum dalam UUD 1945 !
24.     Setelah mengamati tabel tentang peran lembaga negara, peserta didik mampu mengidentifikasi secara tepat kolom pembagian kekuasaan dalam negara.
25.     Siswa mampu meneruskan kalimat dalam pasal 18 ayat 1  UUD 1945 tentang otonomi daerah secara benar
26.     Siswa mampu mengidentifikasi beberapa pengertian tentang otonomi daerah secara tepat.
27.     Dengan memperhatikan tabel perbedaan antara desa dan Kelurahan, siswa mampu mengidentifikasi letak perbedaan antara desa dan kelurahan secara benar
28.     Siswa mampu menentukan tujuan otonomi daerah dengan benar.
29.     Siswa mampu mengidentifikasi perkecualian otonomi luas secara tepat.
30.     Siswa mampu mengidentifikasi sumber-sumber keuangan daerah dalam rangka otonomi daerah dengan benar
31.     Siswa mampu menentukan prinsip-prinsip otonomi daerah dengan benar
32.     Siswa mampu menentukan landasan hukum pelaksanaan otonomi daerah. dengan benar
33.     Siswa mampu mengidentifikasi  bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik dengan benar
34.     Siswa mampu menentukan definisi globalisasi dengan benar
35.     Siswa mampu menentukan tujuan  politik luar negeri Republik Indonesia dengan benar
36.     Siswa mampu mengidentifikasi peristiwa-peristiwa sejarah dunia yang meningkatkan proses globalisasi dengan benar
37.     Siswa mampu mengidentifikasi pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia dengan benar
38.     Siswa mampu menentukan dasar hukum pelaksanaan politik luar negeri RI dengan benar
39.     Siswa mampu menentukan pengertian politik bebas aktif dengan benar
40.     Siswa mampu mengidentifikasi contoh penyimpangan politik luar negeri Indonesia di masa orde lama dengan benar
41.     Siswa dapat mengidentifikasi contoh peranan Indonesia dalam percaturan internasional dengan benar
42.     Siswa mampu menentukan dampak globalisasi di bidang ekonomi dengan benar
43.     Siswa mampu menentukan contoh sikap positif terhadap globalisasi dengan benar
44.     Siswa mampu menentukan pengertian potensi diri dengan benar
45.     Siswa mampu mengidentifikasi pentingnya prestasi diri dengan benar
46.     Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang memiliki kreatifitas dengan benar
47.     Siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi diri dengan benar
48.     Siswa mampu menentukan potensi diri yang positif dengan benar
49.     Siswa mampu menentukan hubungan antar potensi diri dengan prestasi diri dengan benar
50.     Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri manusia yang unggul dengan benar

Tidak ada komentar: